PENGARUH GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN

Munawaroh, Munawaroh (2015) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".

[img]
Preview
Text
52 Munawaroh.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh gaya belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner (angket). Sebelum digunakan untuk mengumpulkan data, instrumen penelitian diuji terlebih dahulu baik validitas maupun reliabilitasnya. Analisis data untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang meliputi Uji Determinasi (R2), Uji F, dan Uji t, dengan tingkat signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda diketahui skor prestasi belajar sebesar 33,947, koefisien regresi variabel gaya belajar (X1) sebesar 0,320 dan koefisien regresi variabel lingkungan belajar (X2) sebesar 0,342. Gaya belajar dan lingkungan belajar secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan yang dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 90,250>nilai F tabel sebesar 3,267. Dalam penelitian ini ditemukan pula bahwa nilai R2 (R Square) adalah sebesar 0,838 atau 83,8% yang artinya variasi variabel gaya belajar dan lingkungan belajar menyumbang sebesar 83.8% terhadap variasi variabel prestasi belajar sebesar

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:47
Last Modified: 02 Jul 2015 00:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21951

Actions (login required)

View Item View Item