FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI(STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA AKUNTANSI DI JAWA TENGAH)

Amaliah Nafiati, Dewi (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI(STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA AKUNTANSI DI JAWA TENGAH). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".

[img]
Preview
Text
50 Dewi Amaliah Nafiati.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ability and effort (kemampuan dan usaha), intellectual skill, high school grades, college grades, emotional skill, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa S1 Akuntansi dalam Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Penelitian ini dilaksanakan pada perguruan tinggi di Jawa Tengah yang memiliki Jurusan Akuntansi. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa dari perguruan tinggi (universitas) yang telah mengambil Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dari populasi sebanyak 28 universitas baik negeri maupun swasta terpilih 22 universitas sebagai anggota sampel. Data penelitian diperoleh melalui angket dan studi pustaka. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa prestasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah pengantar akuntansi dipengaruhi secara signifikan oleh semua variabel penelitian (ability and effort, intellectual skill, high school grades, college grades, emotional skill, dan lingkungan belajar).

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:47
Last Modified: 03 Jul 2015 01:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21948

Actions (login required)

View Item View Item