Aria, Kaswara Saputra (2015) MENINGKATKAN KETERAMPILAN GAMBAR TEKNIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MODUL GAMBAR TEKNIK UNTUK MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK PADA JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN (SCAN TTD).pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN (SCAN TTD).pdf Download (696kB) | Preview |
|
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN (SCAN TTD).pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
5. MOTTO.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
6. PERSEMBAHAN.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
8. KATA PENGANTAR.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
8. KATA PENGANTAR.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR TABEL.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
17. BAB V PENUTUP.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
19. Lampiran.pdf Download (53kB) | Preview |
Abstract
MENINGKATKAN KETERAMPILAN GAMBAR TEKNIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MODUL GAMBAR TEKNIK UNTUK MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK PADA JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Oleh: Aria Kaswara Saputra NIM. 07502241013 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk Mengetahui desain Modul Gambar Teknik, Mendeskripsikan proses pembelajaran Gambar Teknik melalui Media Pembelajaran Modul Gambar Teknik sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan gambar teknik. Selain itu tujuan penelitian untuk mengetahui hasil pembelajaran gambar teknik menggunakan Media Pembelajaran Modul Gambar Teknik pada siswa kelas 1TAV1 di SMK Negeri 2 Yogyakarta TA 2010/2011. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipatif pasif. Pelaksanaan pembelajaran melalui Media Pembelajaran Modul Gambar Teknik dalam tindakan disisipkan ke siklus tindakan. Penelitian direncanakan semula 1 siklus tetapi dalam pelaksanaannya berlangsung dalam tiga siklus dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas 1TAV1 Jurusan Audio Video di SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan populasi 36 orang terdiri dari 26 siswa dan 9 siswi. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, angket dan dokumen hasil pembelajaran. Data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis Miles-Huberman yaitu dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data hingga diperoleh simpulan penelitian. Hasil pembelajaran gambar teknik menggunakan Media Pembelajaran Modul Gambar Teknik berdasarkan kriteria nilai rata-rata kelas 80,00 dan nilai KKM 80,00 dengan persentase siswa di atas KKM 80,00% atau sekitar 29 siswa. Pada siklus 1, ada 11 (30,56%) siswa yang nilainya diatas KKM (80,00) dan 25 (69,44%) siswa memporoleh nilai di bawah KKM, dengan perlakuan yang diberikan guru hanya pada penjelasan modul. Lalu di siklus 2 menjadi 15 (41,67%) siswa yang nilainya diatas KKM (80,00) sedangkan siswa yang nilainya masih dibawah target KKM 21 (58,33%), dengan perlakuan penjelasan modul yang disertai pemberian contoh gambar dalam bentuk sudah jadi dan hingga siklus 3 ada 30 (83,33%) siswa yang nilainya diatas KKM (80,00) sedangkan siswa yang nilainya masih dibawah target KKM 6 (16,67%) siswa, dengan perlakuan yang diberikan guru yaitu penjelasan modul, pemberian contoh PCB dalam bentuk sudah jadi serta video tutorial jobsheet 3. Sedangkan kriteria ketuntasan menyelesaikan job (6x45 menit) pada siklus 1, 2 dan 3 semua siswa tuntas dalam menyelesaikan jobsheet. Ada peningkatkan keterampilan dari nilai rata-rata kelas dari siklus 1 (75,92) menjadi 77,89 di siklus 2 atau naik ↑1,96 (7,39%), sedangkan siklus 2 ke siklus 3 menjadi 79,97 atau naik ↑2,09 poin (13,95%). Dari nilai hasil menggambar yang menunjukkan peningkatan pada siklus 1 sampai siklus 3, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Modul Gambar Teknik untuk meningkatkan keterampilan menggambar layak digunakan sebagai Media Pembelajaran. Kata kunci : meningkatkan keterampilan, gambar teknik, media, dan modul gambar teknik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 29 Jun 2015 04:25 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21900 |
Actions (login required)
View Item |