KEEFEKTIFAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI ANALISIS RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 WONOSARI

Immas Dewantara, Putra (2015) KEEFEKTIFAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI ANALISIS RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
TAS-IMMAS DEWANTARA PUTRA.pdf

Download (82MB) | Preview

Abstract

KEEFEKTIFAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI ANALISIS RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 WONOSARI Oleh : Immas Dewantara Putra 10501244010 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) implementasi metode pembelajaran Numbered Heads Together; (2) keefektifan metode pembelajaran Numbered Heads Together terhadap peningkatan kompetensi analisis rangkaian listrik arus searah; (3) perbedaan kompetensi analisis rangkaian listrik arus searah antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran Numbered Heads Together dengan siswa yang menggunakan metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment. Penelitian dilakukan di Industri SMK Negeri 3 Wonosari. Subyek penelitian adalah siswa kelas X EI 1 dan X EI 2 Jurusan Elektronika Industri Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah 32 siswa di setiap kelas. Kelas X EI 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X EI 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis untuk menilai kompetensi pada ranah kognitif dan angket untuk menilai metode pembelajaran Numbered Heads Together. Validitas instrumen penelitian dilakukan dengan expert judgement, uji validitas, uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) implementasi metode pembelajaran Numbered Heads Together dinilai cukup baik oleh siswa kelas eksperimen; (2) metode pembelajaran Numbered Heads Together cukup efektif untuk meningkatkan kompetensi analisis rangkaian listrik arus searah, peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 0,21% jauh lebih tinggi dari peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol yang sebesar 0,05%; (3) terdapat perbedaan yang signifikan pada pencapaian kompetensi analisis rangkaian listrik siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Numbered Heads Together dengan siswa kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, pencapaian siswa kelas eksperimen jauh lebih baik dari siswa kelas kontrol dengan selisih nilai rataratanya sebesar 15,822. Kata kunci : keefektifan, Numbered Heads Together, konvensional, analisis rangkaian listrik arus searah, SMK Negeri 3 Wonosari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 29 Jun 2015 03:31
Last Modified: 30 Jan 2019 00:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21880

Actions (login required)

View Item View Item