KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN MIXED PEER TEACHING DAN PROBLEM SOLVING DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA SMK N 1 PUNDONG PADA MATA DIKLAT ALAT UKUR LISTRIK

Yulia, Bherlinda (2015) KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN MIXED PEER TEACHING DAN PROBLEM SOLVING DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA SMK N 1 PUNDONG PADA MATA DIKLAT ALAT UKUR LISTRIK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Yulia Bherlinda 10501244012.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN MIXED PEER TEACHING DAN PROBLEM SOLVING DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA SMK N 1 PUNDONG PADA MATA DIKLAT ALAT UKUR LISTRIK Oleh : Yulia Bherlinda NIM 10501244012 Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran metode mixed peer teaching dan problem solving menggunakan media dengan siswa yang mengikuti pembelajaran metode konvensional, (2) mengetahui apakah ada perbedaan aspek kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran metode mixed peer teaching dan problem solving menggunakan media dengan siswa yang mengikuti pembelajaran metode konvensional, (3) mengetahui apakah ada perbedaan aspek afektif siswa yang mengikuti pembelajaran metode mixed peer teaching dan problem solving menggunakan media dengan siswa yang mengikuti pembelajaran metode konvensional, (4) mengetahui apakah ada perbedaan aspek psikomotorik siswa yang mengikuti pembelajaran metode mixed peer teaching dan problem solving menggunakan media dengan siswa yang mengikuti pembelajaran metode konvensional pada mata diklat Alat Ukur Listrik di SMK N 1 Pundong. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian kuasi tipe Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan pada kelas X program keahlian Teknik Audio Video di SMK N 1 Pundong. Populasi berjumlah 62 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) hasil belajar siswa yang mengikuti proses pembelajaran metode mixed peer teaching dan problem solving menggunakan media, kenaikan dari nilai rerata pretest ke posttest sebesar 24,03 sedangkan yang menggunakan metode konvensional, kenaikan dari nilai rerata pretest ke posttest sebesar 16,26, (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas yang menggunakan metode mixed peer teaching dan problem solving dan media pembelajaran dengan kelas yang menggunakan metode konvensional, dengan nilai t hitung pada nilai posttest aspek kognitif sebesar (-2,030), nilai t hitung pada aspek afektif sebesar (-2,431), dan nilai t hitung pada aspek psikomotorik sebesar (-2,352). Kata kunci : aspek afektif, aspek kognitif, aspek psikomotorik, hasil belajar, peer teaching, problem solving.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 29 Jun 2015 01:31
Last Modified: 30 Jan 2019 00:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21786

Actions (login required)

View Item View Item