POLA PENDAMPINGAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) RUMPUN TJOET NJAK DIEN YOGYAKARTA BAGI PEKERJA RUMAH TANGGA BERBASIS HAK ASASI MANUSIA

Reni Astuti, Reni (2015) POLA PENDAMPINGAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) RUMPUN TJOET NJAK DIEN YOGYAKARTA BAGI PEKERJA RUMAH TANGGA BERBASIS HAK ASASI MANUSIA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Reni Astuti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pola pendampingan LSM Rumpun Tjoet Njak Dien Yogyakarta bagi pekerja rumah tangga berbasis hak asasi manusia dan 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendampingan LSM Rumpun Tjoet Njak Dien Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah tim pendamping, pekerja rumah tangga, dan pengelola LSM Rumpun Tjoet Njak Dien. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pola pendampingan LSM Rumpun Tjoet Njak Dien Yogyakarta bagi pekerja rumah tangga berbasis hak asasi manusia dengan cara pendampingan litigasi dan pendampingan non litigasi, melaksanakan kegiatan pendampingan, dan mengadakan tindak lanjut yang sesuai dengan tujuan LSM Rumpun Tjoet Njak Dien. Rumpun Tjoet Njak Dien dalam tiga tahun terakhir telah memberdayakan sebanyak 256 pekerja rumah tangga dan memiliki 16 angkatan pekerja rumah tangga. 2) faktor pendukung dalam pelaksanaan pendampingan pekerja rumah tangga, yaitu: (a) adanya dukungan dari masyarakat luas, (b) adanya kesediaan para majikan untuk memberikan kontrak kerja dan dukungan dari majikan (c) adanya tim kerja yang peduli dengan nasib pekerja rumah tangga, (d) semangat dari para pekerja rumah tangga sedangkan. faktor penghambatnya, yaitu: (a) tidak adanya dana yang cukup, (b) tidak adanya kantor yang menetap, dan (c) masih ada sebagian pekerja rumah tangga yang moralitas rendah. Kata kunci: pendampingan, pekerja rumah tangga (PRT), lembaga swadaya masyarakat(LSM)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21629

Actions (login required)

View Item View Item