PERANAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGGERAKKAN PARTISIPASI SANTRI UNTUK PEMBANGUNAN MASYARAKAT (Studi di Pondok Pesantren Aji Mahasiswa Al Muhsin Dusun Krapyak Wetan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul)

LUKITA PURNAMASARI, Lukita (2015) PERANAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGGERAKKAN PARTISIPASI SANTRI UNTUK PEMBANGUNAN MASYARAKAT (Studi di Pondok Pesantren Aji Mahasiswa Al Muhsin Dusun Krapyak Wetan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
LUKITA PURNAMASARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Peranan Pondok Pesantren Aji Mahasiswa Al-Muhsin dalam menggerakkan partisipasi santri terhadap pembangunan masyarakat, (2) Faktor pendukung Pondok Pesantren Aji Mahasiswa Al-Muhsin dalam menggerakkan partisipasi santri terhadap pembangunan masyarakat, (3) Faktor penghambat Pondok Pesantren Aji Mahasiswa Al-Muhsin dalam menggerakkan partisipasi santri terhadap pembangunan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah ustadz, santri dan masyarakat sekitar pondok pesantren. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokementasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian, yang dibantu dengan pertanyaan penelitian, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peranan pondok pesantren dalam menggerakkan partisipasi santri dalam pembangunan masyarakat adalah sebagai perencana yaitu bersama dengan santri ustadz merencanakan program kegiatan yang akan dilaksanakan, sebagai pelaksana yaitu bersama santri ustadz melaksanakan program kegiatan yang telah disepakati, sebagai evaluator yaitu memantau tingkat keberhasilan kegiatan untuk menentukan tindak lanjut dan sebagai motivator yaitu memberikan motivasi pada santri agar selalu aktif (2) Bentuk partisipasi santri dalam pembangunan masyarakat dilakukan dalam bentuk kegiatan yaitu ceramah dalam pengajian, Taman Pendidikan Al-Quran (TPA), Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren), (3) faktor pendukung peranan dalam menggerakkan partisipasi santri untuk pembangunan adalah sarana & prasarana yang tercukupi, intelektualitas santri dapat dipertanggungjawabkan, ustadz mempunyai jiwa sosial yang tinggi dan semangat tinggi dari santri, (4) faktor penghambat dalam menggerakkan partisipasi santri untuk pembangunan masyarakat yaitu kesibukan santri di kegiatan kampus, Masyarakat belum sepenuhnya memberi kesempatan pada santri, perubahan cuaca yang tidak menentu. Kata Kunci :pondok pesantren, partisipasi pantri, pembangunan masyarakat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21627

Actions (login required)

View Item View Item