POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL AGAMA PADA ANAK (Studi Pada Keluarga Buruh Tani di Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga)

Amilin, Amilin (2015) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL AGAMA PADA ANAK (Studi Pada Keluarga Buruh Tani di Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Amllin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan pola asuh orang tua dalam menanamkan nilai moral agama pada anak. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendorong orang tua dalam menamkan nilai moral agama pada anak khususnya keluarga buruh tani di Desa Karangcegak Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui beberapa tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Subjek penelitian dalam penelitian ini meliputi 5 keluarga buruh tani yang mempunyai anak umur 6-12 tahun di Desa Karangcegak Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Dari 5 (lima) keluarga buruh tani di Desa Karangcegak, 3 (tiga) keluarga diantaranya mengarah pada pola asuh permisif. Sedangkan 2 (dua) keluarga diantaranya menggunakan pola asuh campuran antara pola asuh demokratis dan pola asuh otoriter. Pola asuh demokratis ditandai adanya taklim (memberitahu), targhib (motivasi), uswatun khasanah (teladan), bil hikmah (bijaksana), dan adanya musyawarah (diskusi). Pola asuh otoriter ditandai adanya tahrim (larangan), dan pola asuh permisif ditandai adanya perilaku orang tua yang membebaskan anak, pada pola asuh ini tidak terdapat taklim (memberitahu), targhib (motivasi), tahrim (larangan), uswatun khasanah (teladan), bil hikmah (bijaksana) dan musyawarah (diskusi). 2) Faktor Penghambat : a) Latar belakang pendidikan orang tua. b) Kesibukan orang tua. c) Lingkungan yang kurang kondusif. Sedangkan Faktor Pendorong : a) Adanya TPQ dan Pendidikan keagamaan di sekolah. Kata Kunci : pola asuh orang tua, nilai moral agama, anak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:17
Last Modified: 30 Jan 2019 00:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21558

Actions (login required)

View Item View Item