PENERAPAN TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TERHADAP TUGAS HARIAN SEKOLAH PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VI/C SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA

Agus Komaria, Agus (2015) PENERAPAN TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TERHADAP TUGAS HARIAN SEKOLAH PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VI/C SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Agus Komaria.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan terhadap tugas harian sekolah pada anak tunagrahita ringan kelas VI/C SLB Negeri 2 Yogyakarta dengan token economy. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain yang diadops i dari model Kemmis dan Mc Taggart (1982). Subjek penelitian yaitu 2 orang anak tunagrahita ringan kelas VI/C di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus pertama terdiri dari 6 pertemuan, sedangkan siklus kedua terdiri dari 7 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa token economy dapat meningkatkan kedisiplinan terhadap tugas harian sekolah pada anak tunagrahita ringan kelas VI/C SLB Negeri 2 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pencapaian oleh anak tunagrahita ringan atas kedisiplinan terhadap tugas harian sekolah. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya hasil pencapaian pada kedisiplinan anak tunagrahita ringan terhadap tugas harian sekolah yang telah memenuhi keberhasilan minimal. Pascatindakan siklus I subjek Ald mencapai 6 indikator kedisiplinan, namun pencapaian siklus II subjek Ald mampu memenuhi 8 indikator kedisiplinan terhadap tugas harian sekolah. Sedangkan subjek Irw mampu memenuhi 7 indikator kedisiplinan pada siklus I, dan pencapaian siklus II subjek Irw mampu mencapai 7 indikator kedisiplinan terhadap tugas harian sekolah. Meningkatkan kedisiplinan terhadap tugas harian sekolah pada anak tunagrahita ringan dengan menggunakan token economy dan anak diberikan reinforcement positif secara verbal, gestural, dan sentuhan untuk memotivasi anak dalam meningkatkat kedisiplinan tersebut. Kesimpulan akhir adalah melalui penerapan token economy kedisiplinan terhadap tugas harian sekolah pada anak tunagrahita ringan kelas VI/C SLB Negeri 2 Yogyakarta meningkat. Kata kunci: token economy, kedisiplinan terhadap tugas harian sekolah, anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 25 Jun 2015 03:47
Last Modified: 30 Jan 2019 00:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21410

Actions (login required)

View Item View Item