PEMBERDAYAAN PEREMPUAN UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA MELALUI KELOMPOK PETANI KECIL (KPK) NGUDI LESTARI DI MENDONGAN BANDUNG PLAYEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

Agung Sarjito, Agung (2015) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA MELALUI KELOMPOK PETANI KECIL (KPK) NGUDI LESTARI DI MENDONGAN BANDUNG PLAYEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Agung Sarjito_NIM 09102241005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan bagaimana pemberdayaan perempuan untuk dapat meningkatkan ekonomi keluarga melalui Kelompok Petani Kecil Ngudi Lestari. 2) Mendeskripsikan hasil pemberdayaan perempuan untuk meningkatkan ekonomi keluarga. 3) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Kelompok Petani Kecil Ngudi Lestari dalam memberdayakan perempuan untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tokoh masyarakat, pengurus, PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) dan anggota KPK (Kelompok Petani Kecil) Ngudi Lestari. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian dengan dibantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah display data, reduksi data dan pengambilan simpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan program pemberdayaan perempuan di KPK Ngudi Lestari meliputi beberapa tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Hasil yang dicapai meliputi beberapa aspek yaitu: aspek pengetahuan dan aspek ekonomi. Aspek pengetahuan ditandai dengan kepememilikan keterampilan serta wawasan di bidang kewirausahaan dalam mengolah hasil pertanian menjadi berbagai macam olahan. Sedangkan aspek ekonomi ditandai dengan meningkatnya penghasilan penerima program sehingga dapat meningkatkan ekonomi keluarga. 3) Faktor pendukung meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari dalam kelompok yaitu, anggota kelompok memiliki tujuan yang sama untuk memberdayakan diri dan sumber daya manusia yang mendukung. Faktor eksternal berasal dari luar yaitu adanya berbagai dukungan baik dari pemerintah, masyarakat setempat dan juga adanya sumber daya alam yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan program adalah semangat anggota yang pasang surut dan kesulitan pada pemasaran produk hasil olahan untuk menembus pasaran keluar daerah Kabupaten Gunungkidul. Kata kunci: Pemberdayaan perempuan, Ekonomoi keluarga, KPK (Kelompok Petani Kecil)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 25 Jun 2015 03:47
Last Modified: 30 Jan 2019 00:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21409

Actions (login required)

View Item View Item