PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROSES REHABILITASI PENYALAHGUNAAN NARKOBA DENGAN METODE THERAPEUTIC COMMUNITY (TC) DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA (PSPP) YOGYAKARTA

Satriya Dita Wijayanti, Dita (2015) PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROSES REHABILITASI PENYALAHGUNAAN NARKOBA DENGAN METODE THERAPEUTIC COMMUNITY (TC) DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA (PSPP) YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
06102241015_Satriya Dita Wijayanti_SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) realisasi pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat melalui proses rehabilitasi penyalahgunaan narkoba dengan metode Therapeutic Community (TC), (2) hasil pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat melalui proses rehabilitasi penyalahgunaan narkoba dengan metode Therapeutic Community, (3) faktor yang menjadi pendukung dan penghambat bagi Panti Sosial Pamardi Putra Yogyakarta dalam merehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba dengan metode Therapeutic Community(TC). Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 4 informan yaitu pengelola, pekerja sosial, korban penyalahgunaan narkoba dan masyarakat sekitar Panti Sosial Pamardi Putra Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dan menguji temuan hasil di lapangan dengan kenyataan yang diteliti di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) realisasi pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat melalui proses rehabilitasi penyalahgunaan narkoba dengan metode Therapeutic Community dapat dilihat dari seluruh rangkaian tahapan yang meliputi: penerimaan/detoksifikasi, pemulihan awal, rawatan utama, resosialisasi, pembinaan lanjut dan terminasi, (2) hasil pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat melalui proses rehabilitasi penyalahgunaan narkoba dengan metode Therapeutic Community (TC): adanya perubahan perilaku, penataan emosi dan psikologi, peningkatan spiritual dan intelektual, kemampuan bertahan hidup dan kemandirian, adanya clean and sober, residen terbebas dari narkoba, dan adanya kriteria kepulihan residen, 3) faktor pendukung dalam merehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba meliputi: adanya keikhlasan, kekompakan, semangat pengelola, adanya motivasi residen, tersedianya sarana dan prasarana, sedangkan faktor penghambatnya adalah : belum mampu membeli fasilitas yang canggih. Kata kunci: pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi, metode therapeutic community.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 25 Jun 2015 03:46
Last Modified: 30 Jan 2019 00:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21398

Actions (login required)

View Item View Item