UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

riastus, nayanti (2015) UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Riastus Nayanti_11518241009_SKRIPSI.pdf

Download (735kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran elektronika dasar untuk meningkatkan kompetensi siswa di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan instrumen pretest dan postest untuk aspek kognitif, lembar observasi untuk afektif dan lembar checklist untuk aspek psikomotorik. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, memaparkan data dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan. Hasil kompetensi aspek kognitif siklus 1 jumlah siswa lulus 39,39% dengan rata-rata kelas 65,45 meningkat pada siklus 2 menjadi 75,76% dengan rata-rata kelas 76,56. Hasil kompetensi aspek afektif siklus 1 jumlah siswa lulus 23% dengan rata-rata kelas 61 meningkat pada siklus 2 menjadi 83% dengan rata-rata kelas 85. Hasil kompetensi Psikomotorik siklus 1 jumlah siswa lulus 20% dengan rata-rata kelas 60 meningkat pada siklus 2 menjadi 89% dengan rata-rata kelas 86. Kata kunci: project based learning, elektronika dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Admin Prodi Teknik Mekatronika FT
Date Deposited: 22 Jun 2015 02:44
Last Modified: 29 Jan 2019 23:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21071

Actions (login required)

View Item View Item