PENGARUH PEMBIAYAAN PENDIDIKAN SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI SISWA KELAS XII PADA KELOMPOK MATA PELAJARAN PRODUKTIF PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL) DI SMK 1 SEDAYU

Yudithia, Yudithia (2015) PENGARUH PEMBIAYAAN PENDIDIKAN SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI SISWA KELAS XII PADA KELOMPOK MATA PELAJARAN PRODUKTIF PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL) DI SMK 1 SEDAYU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Yudithia 08501244025.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PEMBIAYAAN PENDIDIKAN SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI SISWA KELAS XII PADA KELOMPOK MATA PELAJARAN PRODUKTIF PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL) DI SMK 1 SEDAYU Oleh: Yudithia NIM. 08501244025 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh pembiayaan pendidikan sekolah terhadap kompetensi siswa kelas XII pada kelompok mata pelajaran produktif program keahlian teknik instalasi tenaga listrik (TITL) di SMK 1 Sedayu. Penelitian ini menggunakan desain expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK 1 Sedayu tahun ajaran 2013/ 2014. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling sesuai dengan jumlah populasi kelas tersebut. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang berjumlah 83 responden. Teknik pengumpulan data untuk variabel pendidikan karakter menggunakan metode angket atau kuesioner, sedangkan untuk variabel kompetensi siswa mata pelajaran produktif dengan metode dokumentasi berupa laporan hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitiannya adalah terdapat pengaruh pembiayaan pendidikan sekolah terhadap kompetensi siswa kelas XII pada kelompok mata pelajaran produktif program keahlian teknik instalasi tenaga listrik (TITL) di SMK 1 Sedayu. Hal tersebut dapat terlihat dari nilai Fhitung = 8,545 lebih besar dari Ftabel = 3,96 (Fhitung > Ftabel), diperoleh persamaan Y = 0,777 + 0,008X dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,095 artinya variabel pembiayaan pendidikan sekolah mempengaruhi variabel kompetensi siswa sebesar 9,5%. Kata kunci: pembiayaan pendidikan sekolah dan kompetensi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 17 Jun 2015 01:10
Last Modified: 29 Jan 2019 23:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20783

Actions (login required)

View Item View Item