PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS ) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PERBANDINGAN KELAS VIII SMP

Arifin, Yunus (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS ) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PERBANDINGAN KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKS dengan menggunakan pendekatan penemuan terbimbing berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah materi perbandingan kelas VIII SMP serta mengetahui kualitas LKS ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Pengembangan dilakukan berdasarkan model ADDIE yang terdiri dari analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian LKS untuk ahli materi, ahli media, dan guru, untuk mengukur kevalidan, angket respon guru dan peserta didik untuk mengukur kepraktisan, serta tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengukur keefektifan LKS. LKS yang telah dihasilkan diujicobakan di SMP Negeri 1 Piyungan pada tanggal 2 April 2015 sampai 15 April 2015. Berdasarkan hasil penilaian LKS oleh ahli materi, dari skor maksimal 5,00 diperoleh rata–rata skor 4,125 dengan kriteria “baik” untuk aspek kesesuaian dengan pendekatan penemuan terbimbing, orientasi pada kemampuan pemecahan masalah, kualitas isi materi LKS, dan kesesuaian dengan syarat didaktik. Sedangkan hasil penilaian LKS oleh ahli media, dari skor maksimal 5,00 diperoleh rata–rata skor 3,95 dengan kriteria “baik” untuk aspek kesesuaian dengan syarat konstruksi dan kesesuaian dengan syarat teknis. Kepraktisan LKS berdasarkan hasil angket respon guru, dari skor maksimal 5,00 diperoleh skor 3,85 dengan kriteria “baik”. Sedangkan hasil angket respon peserta didik, dari skor maksimal 5,00 diperoleh skor 3,7229 dengan kriteria “baik”. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah menunjukkan persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 80% dengan kriteria "baik". Dengan demikian, LKS yang dihasilkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: penemuan terbimbing, kemampuan pemecahan masalah, perbandingan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 16 Jun 2015 00:28
Last Modified: 29 Jan 2019 23:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20525

Actions (login required)

View Item View Item