Andhika, Agung Nugroho (2014) DINAMIKA IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KESETARAAN KEJAR PAKET C DI PKBM MAJU MAKMUR. S1 thesis, UNY.
Text
Andhika Agung Nugroho_09110241004.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji lebih mendalam mengenai dinamika implementasi kebijakan pendidikan kesetaraan kejar paket C di PKBM Maju Makmur. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah ketua penyelenggara, wakil bidang, tutor, dan warga belajar. Hal ini dipilih karena mereka terlibat langsung dalam pelaksanaan program pendidikan kesetaraan dan tahu tentang situasi yang berkembang di lingkungan yang akan diteliti guna mempermudah peneliti dalam pengambilan data. Setting penelitian ini dilakukan di PKBM Maju Makmur. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan teknik analisis adaptasi model interaktif Miles & Huberman (reduksi data, display data, analisis data dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Implementasi kebijakan pendidikan kesetaraan kejar paket C di PKBM Maju Makmur, untuk pelaksanaan pendidikan dan kurikulumnya belum sesuai dengan standar yang ada yakni pada Permendiknas No 3 Tahun 2008, namun untuk evaluasi/penilaiannya sudah sesuai. Hal tersebut terlihat dari: a) Pelaksanaan pendidikan hanya dilakukan satu kali dalam seminggu, kemudian penggabungan siswa yang mengakibatkan pemberian materi pembelajaran juga disamakan. Hal ini mengakibatkan siswa kesulitan dalam menerima materi pembelajaran; b) Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum KTSP. Untuk penerapan kurikulum program IPS kelas 2 dan kelas 3 sudah sesuai dengan kurikulum KTSP, akan tetapi untuk penerapan kurikulum kelas 1 belum sesuai karena hanya menggunakan kurikulum program IPS; c) Untuk mengukur evaluasi pembelajaran siswa adalah dengan menggunakan tes semester sebagai acuannya.; 2) faktor pendukung proses implementasi kebijakan pendidikan kesetaraan yaitu tersedianya tempat untuk menjalankan kegiatan-kegiatan kejar paket; dan dengan menjalin kerja sama dengan pihak-pihak luar. Faktor penghambatnya adalah : a) Masalah minimnya pendanaan, masalah pendanaan ini berimbas kepada masalah lain seperti kurangnya waktu pembelajaran; b) Motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran masih kurang; c) Tidak adanya evaluasi dan tindak lanjut terhadap program yang dijalankan oleh PKBM Maju Makmur.; 3) strategi yang dilakukan PKBM untuk mengatasi hambatan yaitu dengan menjalin kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan meminta bantuan kepada pemerintah untuk memberikan bantuan kepada PKBM; pihak PKBM juga bekerja sama dengan Kepala Desa, Perangkat Desa lainnya, dan Masyarakat untuk mendukung dan ikut berpartisipasi terhadap program yang dijalankan oleh PKBM Maju Makmur. Kata kunci : implementasi, kebijakan, pendidikan kesetaraan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan |
Depositing User: | Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 11 Jun 2015 03:27 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20270 |
Actions (login required)
View Item |