PENGARUH LOCUS OF CONTROL DAN KONSEP DIRI TERHADAP KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Nugroho, Sandi Riawan (2015) PENGARUH LOCUS OF CONTROL DAN KONSEP DIRI TERHADAP KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Sandi Riawan Nugroho 09501244034.pdf

Download (37MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh locus of control terhadap kematangan karir siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 3 Yogyakarta, (2) pengaruh konsep diri terhadap kematangan karir siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 3 Yogyakarta, (3) pengaruh locus of control dan konsep diri secara bersama-sama terhadap kematangan karir siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan populasi sebanyak 113 siswa dan sampel sebanyak 88 siswa yang diperoleh melalui teknik proportional random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu locus of control (X1) dan konsep diri (X2). Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu kematangan karir (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner model angket tertutup dengan skala Likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear ganda. Pengujian signifikansi koefisien korelasi secara individu dilakukan dengan uji-t, sedangkan secara simultan menggunakan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara locus of control terhadap kematangan karir siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 3 Yogyakarta, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,498, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara konsep diri terhadap kematangan karir siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 3 Yogyakarta, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,572, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara locus of control dan konsep diri terhadap kematangan karir siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 3 Yogyakarta, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,622 dan sumbangan efektif sebesar 38,7% dengan sumbangan efektif masingmasing variabel adalah 14,07% untuk locus of control dan 24,63% untuk konsep diri.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kematangan karir, konsep diri, locus of control
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 09 Jun 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 23:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20185

Actions (login required)

View Item View Item