PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN CELANA ANAK PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN PKK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA

EKA, ARSIDI MEI SAPUTRI (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN CELANA ANAK PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN PKK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Eka Arsidi Mei 08513244021.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN CELANA ANAK PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN PKK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA Oleh : EKA ARSIDI MEI SAPUTRI 08513244021 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan gambaran dan menganalisis tentang : 1) pengembangan modul pembuatan celana anak untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Yogyakarta, 2) kelayakan modul pembuatan celana anak pada mata pelajaran keterampilan PKK siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall, dengan lima langkah yaitu : 1) melakukan analisis produk, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi akhir dan uji coba, 4) uji kelayakan modul, 5) produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan Mei 2012. Penelitian ini mengembangkan produk berupa modul pembuatan celana anak (celana bermain). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Yogyakarta yaitu sebanyak 238 siswa. Pengambilan sampel sebanyak 70 siswa, sampel diambil dari 30% jumlah populasi sebanyak 238 siswa. Uji coba kelompok kecil diluar sampel dilakukan pada 10 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, metode diskusi mendalam dengan pakar dan guru mata pelajaran keterampilan PKK dan metode angket. Teknik analsis data menggunakan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) dihasilkan modul pembuatan celana anak pada mata pelajaran keterampilan PKK siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Yogyakarta, 2) kelayakan modul pembuatan celana anak pada mata pelajaran keterampilan PKK siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Yogyakarta, yang telah teruji atau berkualitas menurut ahli media dan ahli materi menyatakan modul layak sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam membantu proses belajar keterampilan PKK dalam membuat celana anak khususnya celana bermain. Kata kunci : Modul pembuatan celana anak, pengembangan dan kelayakan modul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > Pendidikan Teknik Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Jun 2015 03:43
Last Modified: 29 Jan 2019 23:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20111

Actions (login required)

View Item View Item