Bintang, Prasetyo Nugroho (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN TEKNIK KERJA BENGKEL YANG BAIK DAN BERKUALITAS UNTUK KELAS X JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Bintang Prasetyo Nugroho 11502241020.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN TEKNIK KERJA BENGKEL YANG BAIK DAN BERKUALITAS UNTUK KELAS X JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK N 2 YOGYAKARTA Oleh : Bintang Prasetyo Nugroho NIM. 11502241020 ABSTRAK Penelitian ini mempunyai tujuan untuk: (1) mengetahui langkah-langkah menyusun modul pembelajaran mata pelajaran Teknik Kerja Bengkel yang baik dan berkualitas untuk kelas X Jurusan Teknik Audio Video SMK N 2 Yogyakarta, (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran mata pelajaran Teknik Kerja Bengkel yang baik dan berkualitas untuk kelas X Jurusan Teknik Audio Video SMK N 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pembelajaran Teknik Kerja Bengkel. Pengembangan modul pembelajaran mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall yang telah disederhanakan oleh Anik Ghufron. Model penelitian tersebut mempunyai empat tahapan dalam penelitian, yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, tahap uji lapangan dan tahap diseminasi. Modul pembelajaran mata pelajaran Teknik Kerja Bengkel divalidasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media selanjutnya diujicobakan pada sembilan peserta didik kelas XI dan tiga puluh peserta didik kelas X jurusan Teknik Audio Video SMK N 2 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan lembar angket/kuesioner skala Likert model empat pilihan. Kelayakan modul pembelajaran dapat diketahui dari hasil data penilaian dalam empat kategori, yaitu sangat layak/sangat baik, layak/baik, cukup layak/cukup baik dan tidak layak/tidak baik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa modul pembelajaran Dasar-Dasar Kerja Mekanik Elektronika kelas X jurusan Teknik Audio Video SMK N 2 Yogyakarta. Isi modul terdiri dari judul, pendahuluan, pembelajaran, evaluasi, kunci jawaban dan daftar pustaka. Standar kompetensi yang digunakan yaitu melaksanakan pekerjaan bengkel elektronika. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul pembelajaran dapat dikatakan baik dan berkualitas, serta secara keseluruhan sangat layak/sangat baik digunakan sebagai bahan ajar. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan rerata skor total dari hasil evaluasi ahli materi sebesar 3,13 dari nilai skor maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “layak”, rerata skor total dari hasil evaluasi ahli media sebesar 3,30 dari nilai skor maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, rerata skor total dari hasil uji lapangan awal dan uji lapangan utama sebesar 3,40 dari nilai skor maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “sangat baik”, rerata skor total dari hasil uji lapangan operasional sebesar 3,28 dari nilai skor maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “sangat baik”, serta rerata keseluruhan dari hasil evaluasi oleh ahli materi, ahli media, serta uji lapangan memperoleh rerata skor sebesar 3,26 dari nilai skor maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak/sangat baik”. Kata kunci: modul pembelajaran, teknik kerja bengkel, teknik audio video
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 04 Jun 2015 04:51 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19951 |
Actions (login required)
View Item |