Riskasari, Dwi (2014) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI (TI) UNTUK PEMBELAJARAAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA DAN SMK NEGERI SEKECAMATAN WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Other (FIS Digital)
1 COVER PKN 07401244013 Dwi Riskasari.swf - Published Version Download (1MB) |
|
Other (FIS Digital)
2 ABSTRAK PKN 07401244013 Dwi Riskasari.swf - Published Version Download (33kB) |
|
Other (FIS Digital)
3 BAB I PKN 07401244013 Dwi Riskasari.swf - Published Version Download (71kB) |
|
Other (FIS Digital)
4 BAB II PKN 07401244013 Dwi Riskasari.swf - Published Version Download (218kB) |
|
Other (FIS Digital)
5 BAB III PKN 07401244013 Dwi Riskasari.swf - Published Version Download (85kB) |
|
Other (FIS Digital)
6 BAB IV PKN 07401244013 Dwi Riskasari.swf - Published Version Download (112kB) |
|
Other (FIS Digital)
7 BAB V PKN 07401244013 Dwi Riskasari.swf - Published Version Download (62kB) |
|
Other (FIS Digital)
8 LAMPIRAN PKN 07401244013 Dwi Riskasari.swf - Published Version Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah, hambatan-hambatan, dan upaya guru mengatasi hambatan dalam memanfaatkan TI (Tekhnologi Informasi) untuk pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA dan SMK Negeri se-kecamatan Wonosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian dekskriptif dengan pendekatan metode kualitatif. Subjek penelitian ini ditentukan secara purposive subjek terdiri dari guru, yang berasal dari enam sekolah yaitu tiga SMA Negeri dan tiga SMK Negeri di kecamatan Wonosari. Dari enam sekolah tersebut jumlah guru yang di jadikan responden adalah 22 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi, yaitu membandingkan dan mengecek data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh selama penelitian mengamati proses pendampingan yang dilakukan oleh subjek penelitian. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis diskriptif dengan pendekatan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1.Dalam pembelajaran Pkn dengan memanfaatkan TI (Tekhnologi Informasi), guru menggunakan ASSURE, yang mencakup enam langkah, yaitu ; Menganalisis siswa, menyatakan standar dan tujuan pembelajaran, memilih strategi, teknologi, media, dan materi; menggunakan teknologi, media, materi; mengharuskan partisipasi siswa; mengevaluasi dan merevisi. 2. Adapun hambatan-hambatan yang di hadapi guru meliputi : terbatasnya sarana prasarana TI (Tekhnologi Informasi), kurang terampilnya guru dalam mengoprasikan komputer. 3. Cara guru dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut antara lain dengan jalan memprogramkan pengadaan bahan dan alat TI (Tekhnologi Informasi), mengikuti pelatihan/workshop dalam pemanfaatan TI yang diselengarakan oleh Sekolah ataupun Diknas. Kata kunci : Pemanfaatan TI, Pembelajaran PkN.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 04 Jun 2015 04:08 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19935 |
Actions (login required)
View Item |