PENGEMBANGAN BALANCED SCORECARD UNTUK PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI BERDASARKAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA DALAM LAYANAN AKADEMIK DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Baihaqi, Indriatmoko (2015) PENGEMBANGAN BALANCED SCORECARD UNTUK PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI BERDASARKAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA DALAM LAYANAN AKADEMIK DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Baihaqi Indriatmoko - 10501244018.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN BALANCED SCORECARD UNTUK PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI BERDASARKAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA DALAM LAYANAN AKADEMIK DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Oleh: Baihaqi Indriatmoko NIM 10501244018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) analisis kebutuhan pengukuran kinerja organisasi menggunakan Balanced Scorecard di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY), (2) rancangan model Balanced Scorecard untuk pengukuran kinerja organisasi di FT UNY, (3) kinerja FT UNY berdasarkan model Balanced Scorecard dilihat dari tingkat kepuasan mahasiswa dalam layanan akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini dilakukan di FT UNY yang dilaksanakan mulai Desember 2014 sampai Februari 2015. Sumber data penelitian ini sebanyak 180 responden yang merupakan mahasiswa aktif semester 4 ke atas pada tahun 2014 yang tersebar di 6 jurusan di FT UNY yang masing-masing jurusan diwakili 30 mahasiswa. Validitas konstruk instrumen penelitian dengan expert judgements dan validitas instrumen angket dilakukan dengan analisis butir Corrected Item-Total Correlation. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menafsirkan hasil pengukuran menggunakan kategori. Kategorisasi hasil pengukuran menggunakan distribusi normal baik ideal maupun empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan analisis kebutuhan, diperlukannya sistem pengukuran kinerja yang handal, komprehensif, koheren, terukur, dan berimbang di FT UNY, seperti pengukuran kinerja menggunakan model Balanced Scorecard yang perancangannya disesuaikan dengan visi, misi dan karakteristik di FT UNY, (2) tahapan desain rancangan kerangka kerja model Balanced Scorecard meliputi: penyelarasan strategik, pengelompokan strategik, penjaringan strategik, dan kartu penilaian, dengan hasil akhir berupa peta strategik FT UNY dan kartu penilaian FT UNY, (3) kinerja FT UNY berdasarkan model Balanced Scorecard dilihat dari tingkat kepuasan mahasiswa dalam layanan akademik, dan berdasarkan penilaian mahasiswa FT UNY baik tiap jurusan maupun seluruh jurusan menunjukkan sebagian besar mahasiswa telah memberikan respon positif terhadap layanan akademik di FT UNY dengan memilih kategori baik pada tiap dimensi mutu pelayanan, hal ini membuktikan bahwa kinerja FT UNY berdasarkan perspektif Balanced Scorecard dilihat dari layanan akademik sudah baik. Kata kunci: kinerja, pengukuran kinerja, balanced scorecard, kepuasan mahasiswa, dan layanan akademik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 04 Jun 2015 03:03
Last Modified: 29 Jan 2019 23:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19927

Actions (login required)

View Item View Item