MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA (EMBROIDERY) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA

Ayu, Al Khaerunisa (2015) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA (EMBROIDERY) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Ayu Al Khaerunisa 09513247001.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA (EMBROIDERY) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA Ayu Al Khaerunisa NIM. 09513247001 Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dalam pembelajaran membuat hiasan pada busana (embroidery). 2) Mengetahui partisipasi siswa dalam penerapan model pembelajaran koperatif tipe numbered head together (NHT) pada pembelajaran membuat hiasan pada busana (embroidery). 3) Mengetahui minat belajar siswa dalam membuat hiasan pada busana (embroidery). 4) Mengetahui peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran membuat hiasan pada busana (embroidery) melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart dengan prosedur penelitian sebagai berikut: Perencanaan-Tindakan- Observasi-Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Karya Rini Yogyakarta dengan subjek penelitian berjumlah 32 siswa kelas XI Busana Butik. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan berdasarkan judgement expert dan uji reliabilitas instrumen menggunakan antar rater. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dengan presentasi kriteria keberhasilan untuk penelitian ini ada peningkatan minat belajar yang dibuktikan dengan partisipasi siswa yang tinggi dan kompetensi dengan kriteria tuntas. Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I dan siklus II berdasarkan pengamatan proses pembelajaran menunjukan bahwa siswa turut serta dalam kegiatan belajar, lebih aktif dan terlibat langsung dalam pemecahan masalah membuat hiasan pada busana (embroidery). Minat belajar siswa dalam membuat hiasan pada busana (embroidery) melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 18.09% terbukti dengan nilai rata-rata yang dicapai pada pra siklus 62.90 dan nilai rata-rata yang dicapai pada siklus I meningkat menjadi 74.28. Minat belajar siswa dalam membuat hiasan pada busana (embroidery) melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 23.39% terbukti dengan nilai rata-rata yang dicapai pada siklus I 74.28 dan nilai rata-rata yang dicapai pada siklus II meningkat menjadi 91.66. Terbukti dalam pembelajaran membuat hiasan pada busana melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat mengaktifkan siswa dan meningkatkan minat belajar siswa dalam membuat hiasan pada busana (embroidery) yang dibuktikan dengan tidak adanya siswa yang memperoleh nilai <70. Uraian diatas menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran membuat hiasan pada busana (embroidery). Kata Kunci : minat belajar, membuat hiasan pada busana (embroidery), pembelajaran kooperatif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > Pendidikan Teknik Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 04 Jun 2015 02:47
Last Modified: 29 Jan 2019 23:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19924

Actions (login required)

View Item View Item