PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET, KONTROL SOSIAL, DAN KONTROL DIRI TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK N 3 YOGYAKARTA

Muhammad Rian Adi, Permana (2015) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET, KONTROL SOSIAL, DAN KONTROL DIRI TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Muhammad Rian Adi Permana 09501244038.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET, KONTROL SOSIAL, DAN KONTROL DIRI TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK N 3 YOGYAKARTA Muhammad Rian Adi Permana 09501244038 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh antara penggunaan internet terhadap karakter siswa, (2) Pengaruh antara kontrol sosial terhadap karakter siswa, (3) Pengaruh kontrol diri terhadap karakter siswa, (4) Pengaruh secara simultan antara penggunaan internet, kontrol sosial, dan kontrol diri terhadap karakter siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK N 3 Yogyakarta tahun ajaran 2013/ 2014. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK N 3 Yogyakarta tahun ajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 113 siswa dengan jumlah sampel 88 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan internet (X1), kontrol sosial (X2), kontrol diri (X3), dan karakter siswa (Y). Pengumpulan data dari keempat variabel menggunakan kuesioner atau angket dengan skala Likert. Pengujian prasyarat analisis hipotesis meliputi uji normalitas, linieritas, dan multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi ganda untuk hipotesis pertama, hipotesis kedua, hipotesis ketiga, dan hipotesis keempat. Hasil penelitian ini adalah (1) Pengaruh penggunaan internet terhadap karakter siswa adalah positif dan signifikan yang dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar 0,161; (2) Pengaruh kontrol sosial terhadap karakter siswa adalah positif dan signifikan yang dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar 0,299; (3) Kontrol diri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap karakter siswa yang dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar 0,367; Sedangkan (4) Penggunaan internet, kontrol sosial, kontrol diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap karakter siswa yang dibuktikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,500. Kata kunci : karakter siswa, kontrol diri, kontrol sosial, penggunaan internet.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 04 Jun 2015 01:05
Last Modified: 29 Jan 2019 23:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19904

Actions (login required)

View Item View Item