Pengaruh Kreativitas Siswa dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Kesiapan Mental Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran 2012/2013

Agung Hari, Wahyudi (2015) Pengaruh Kreativitas Siswa dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Kesiapan Mental Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran 2012/2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Agung Hari Wahyudi 11502247002.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Kreativitas Siswa dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Kesiapan Mental Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran 2012/2013 Oleh : Agung Hari Wahyudi NIM. 11502247002 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Kreativitas Siswa terhadap Kesiapan Mental Kerja siswa kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran 2012/2013. (2) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kesiapan Mental Kerja siswa kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran 2012/2013. (3) Pengaruh Kreativitas Siswa dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Kesiapan Mental Kerja siswa kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran 2012/2013 berjumlah 38 siswa yang seluruhnya diambil sebagai subyek penelitian. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 32 siswa kelas XI Program Studi Keahlian Multimedia. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui pengaruh Kreativitas Siswa terhadap Kesiapan Mental Kerja dan pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kesiapan Mental Kerja teknik analisis regresi linier sederhana sedangkan untuk mengetahui pengaruh Kreativitas Siswa dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Kesiapan Mental Kerja digunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tidak terdapat pengaruh positif Kreativitas Siswa terhadap Kesiapan Mental Kerja siswa kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan nilai rx1y = 0,093 lebih kecil dari rtabel = 0,320, Fhitung = 0,312 lebih kecil dari Ftabel = 4,11 pada taraf signifikansi 5% dengan dk pembilang = 1 dan dk penyebut = 36. (2) Terdapat pengaruh positif Kemandirian Belajar terhadap Kesiapan Mental Kerja siswa kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan harga rx2y = 0,609 lebih besar dari rtabel = 0,320, F hitung sebesar 21,262 lebih besar dari pada nilai Ftabel sebesar 4,11 pada taraf signifikansi 5 % dengan dk pembilang = 1 dan dk penyebut = 36. (3) Terdapat pengaruh positif Kreativitas Siswa dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama Terhadap Kesiapan Mental Kerja siswa kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan harga Ry(1,2) = 0,618 lebih besar dari Rtabel = 0,320, Fhitung = 10,792 lebih besar dari Ftabel = 3,28 pada taraf signifikansi 5% dengan dk pembilang = 2 dan dk penyebut = 35. Koefisien determinasi R2y(1,2) sebesar 0,381. Sumbangan efektif Kreativitas Siswa sebesar 2,11 % dan Kemandirian Belajar sebesar 35,99 %. Kata Kunci: kreativitas siswa, kemandirian belajar, kesiapan mental kerja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 01 Jun 2015 03:32
Last Modified: 29 Jan 2019 23:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19755

Actions (login required)

View Item View Item