Analisis Buku Teks Tematik Integratif berbasis Scientific Approach dan Authentic Assessment pada Kurikulum 2013 Kelas V Tema 1 Benda-Benda di Lingkungan Sekitar

Agustina, Degi Alrinda (2015) Analisis Buku Teks Tematik Integratif berbasis Scientific Approach dan Authentic Assessment pada Kurikulum 2013 Kelas V Tema 1 Benda-Benda di Lingkungan Sekitar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-degi-alrinda-agustina-13712251005.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) muatan tematik integratif (2) muatan scientific approach, dan (3) muatan authentic assessment pada buku teks Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga buku teks Kurikulum 2013 kelas V Tema I: Benda-benda di Lingkungan Sekitar yang diterbitkan oleh Puskurbuk, Erlangga, dan Yudhistira tahun 2014. Objek penelitian ini adalah muatan tematik integratif, scientific approach, dan authentic assessment. Unit analisis berupa instruksi dan materi yang tercantum pada buku teks. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pembacaan dan pencatatan yang cermat. Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis dokumen yang disusun berdasarkan landasan teori. Validitas instrumen dan data yang digunakan adalah validitas semantis dan pemeriksaan oleh ahli. Reliabilitas yang adalah stabilitas dan reproduktabilitas. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, penentuan sampel, pencatatan data, reduksi data, penarikan kesimpulan, dan mendeskripsikan. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Sebagian besar indikator multidisipliner pada buku teks tidak tercapai karena kekurang-telitian dan perbedaan pandangan yang digunakan oleh penulis. Kekurang-telitian tersebut berupa kesalahan penomoran KD yang sesuai dengan Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013, dan ketidaksesuaian materi dengan KD yang tercantum. Perbedaan pandangan berkaitan dengan hubungan antar mata pelajaran yang integrasikan dalam satu tema. (2) Muatan scientific approach yang tercantum pada buku teks mencakup kegiatan yang bervariasi dengan pendekatan konstruktivisme, yaitu mengarahkan peserta didik untuk berinteraksi dengan lingkungan fisik dan lingkungan sosial untuk membangun pengetahuan. (3) Muatan authentic assessment sudah memenuhi sebagian besar dari indikator, tetapi masih perlu dilengkapi dengan rubrik penilaian untuk membantu guru dalam menerapkan penilaian tersebut. Muatan paper-pencil task yang tercantum pada buku teks, sebagian kecil masih menggunakan penilaian tradisional berupa pilihan ganda dan isian singkat. Muatan penilaian yang lain menggunakan kombinasi dari berbagai penilaian untuk membantu guru untuk menggambarkan kemampuan peserta didik yang sesungguhnya secara komprehensif dari aspek sikap, keterampilan dan pengetahuan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku teks, tematik integratif, scientific approach, authentic assessment
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 May 2015 00:15
Last Modified: 09 May 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19312

Actions (login required)

View Item View Item