IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAN LIVING VALUES DI SD TUMBUH 1 KOTA YOGYAKARTA

Utaminingsih, Utaminingsih (2014) IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAN LIVING VALUES DI SD TUMBUH 1 KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
utaminingsih_09110241030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan multicultural dan pendidikan living values, tindakan, proses dan evaluasi serta factor pendukung dan factor penghambat. Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa yang diambil secara purposif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kajian dokumen. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik analisis data yang di peroleh, selanjutnya dikembangkan pola hubungan tertentu atau hipotesis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukanbahwa (1) implementasi program pendidikan multicultural dewasa ini sangat penting karena pendidikan multicultural merupakan salah satu usaha untuk menghindari diskriminasi sosial maupun konfliksosial. Program muatan local pendidikan multikultural dan living values sekolah ini memiliki program unggulan yaitusekolah museum dan tumbuh fair dan open house. Pengetahuan mengenai pendidikan multicultural diantaranya yaitu menghargai keberagaman, memahami,dan menerima perbedaan, baik perbedaaan jenis kelamin, agama, suku, etnis, budaya, ras, kepercayaan, kemampuan ekonomi, kondisi strata sosial, selain itu bagaimana siswa bisa menerima temannya yang memiliki perbedaan kemampuan akademik baik yang memiliki kemampuan akademik tinggi maupun rendah, bagaimanasiswabisamenerimaperbedaanprestasibelajar,kondisisiswa normal maupun ABK yang memiliki keterbatasan fisik maupun mental. (2) implementasi pendidikan living values di kembangkan melalui kegiatan morning carpet dan day carpet.(3) (a) faktorpendukungyaitu: Kerjasama orang tua dan guru dan kepala sekolah sangat dibutuhkan, komunikasi,antara kedua belah pihak. Keteladanan orang tua, guru, dan kepala sekolah sangat berperan penting dalam keberhasilan menyusun kerja.Tim manajemen sekolah yang kukuh turut mempermudah proses birokrasi dan administrasi pendidikan sehingga waktu dan tenaga yang dibutuhkan bisa digunakan secara efisien; (b) factor penghambat yaitu waktu yang sempit membuat tujuan pendidikan tidak berjalan sesuai dengan harapan. Kata kunci: implementasi, pendidikan multikultural, living values.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 22 May 2015 00:27
Last Modified: 29 Jan 2019 22:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19201

Actions (login required)

View Item View Item