PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI WIRAUSAHA KERAJINAN PANEL BAMBU DI KOPERASI KASONGAN USAHA BERSAMA (KUB) KALIPUCANG, BANGUNJIWO, KASIHAN, BANTUL

Mohamad Afrizal, Afrizal (2015) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI WIRAUSAHA KERAJINAN PANEL BAMBU DI KOPERASI KASONGAN USAHA BERSAMA (KUB) KALIPUCANG, BANGUNJIWO, KASIHAN, BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Mohamad Afrizal_07102241025.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemberdayaan masyarakat melalui wirausaha kerajinan panel bambu di Koperasi Kasongan Usaha Bersama (KUB), Peran Koperasi Kasongan Usaha Bersama (KUB) dalam pemberdayaan masyarakat melalui wirausaha kerajinan panel bambu, faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan masyarakat melalui wirausaha kerajinan panel bambu di Koperasi Kasongan Usaha Bersama (KUB). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola / pengurus koperasi KUB, anggota dan masyarakat sekitar koperasi yang merupakan peserta pelatihan wirausaha kerajinan panel bambu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian yang dibantu dengan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data,dan pengambilan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Peran koperasi sangatlah berpengaruh terhadap anggotanya yaitu dengan mengadakan inovasi produk melalui pelatihan kerajinan panel bambu, membantu pengelolaan keuangan anggota dan pemasaran produk 2) Proses pelaksanaan pelatihan melalui tahapan persiapan yaitu perekrutan peserta, pelaksanaan pelatihan dengan memberi teori dan praktek, evaluasi pelatihan dilihat dari prakteknya 3) Faktor pendukung dalam pembuatan kerajinan panel bambu adalah tingginya minat anggota dan masyarakat, kemudahan dalam memperoleh bahan baku serta tingginya permintaan ekterior yang ramah lingkungan sedangkan faktor penghambat dari pemberdayaan masyarakat melalui wirausaha kerajinan panel bambu ini adalah perubahan iklim cuaca yang mempengaruhi penjemuran bambu sehingga bambu kurang tahan lama masa pakainya. Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Wirausaha, Panel Bambu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 21 May 2015 02:21
Last Modified: 29 Jan 2019 22:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18914

Actions (login required)

View Item View Item