KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA TEXTPUZZLE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 MUNTILAN

Elokkumayang, Juwifa Dewihayu (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA TEXTPUZZLE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 MUNTILAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Juwifa Dewihayu Elokkumayang 10203241027.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Muntilan yang diajar menggunakan media Textpuzzle dengan yang diajar menggunakan media konvensional, (2) keefektifan penggunaan media Textpuzzle dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pre and post test Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Muntilan sebanyak 255 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling, diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen (32 peserta didik) dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol (32 peserta didik). Pengambilan data menggunakan tes kemampuan membaca teks bahasa Jerman. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu variabel bebas (X) berupa penggunaan media Textpuzzle dan variabel terikat (Y) keterampilan membaca bahasa Jerman. Uji validitas menggunakan uji korelasi product moment. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa sebanyak 40 soal valid dan 5 dinyatakan gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus K-R 20, dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,950. Data dianalisisis menggunakan uji t. Hasil analisis data menggunakan uji-t menghasilkan thitung 3,203 lebih besar dari ttabel 1,998 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Muntilan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Bobot keefektifan penggunaan media Textpuzzle adalah 8,2%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 31,281 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 29,156. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Textpuzzle lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: textpuzzle, membaca, sma
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 01:53
Last Modified: 29 Jan 2019 22:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18909

Actions (login required)

View Item View Item