DAMPAK PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP DI TAMAN BACAAN MASYARAKAT MATA AKSARA BAGI PEREMPUAN DI DESA UMBULMARTANI, KECAMATAN NGEMPLAK,KABUPATEN SLEMAN

Marta Dwi Ningrum, Marta (2015) DAMPAK PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP DI TAMAN BACAAN MASYARAKAT MATA AKSARA BAGI PEREMPUAN DI DESA UMBULMARTANI, KECAMATAN NGEMPLAK,KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
MARTA DWI NINGRUM_11102241039.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) Program pendidikan kecakapan hidup yang diselenggarakan oleh TBM Mata Aksara; (2) Dampak program pendidikan kecakapan hidup di TBM Mata Aksara bagi perempuan di Desa Umbulmartani, Ngemplak, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah penyelenggara sekaligus sebagai fasilitator dalam program pendidikan kecakapan hidup di TBM Mata Aksara dan sasaran program yaitu ibu-ibu rumah tangga di Desa Umbulmartani, Ngemplak, Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi sumber dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan berbagai nara sumber dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program pendidikan kecakapan hidup yang dilaksanakan oleh TBM Mata Aksara berupa pelatihan yaitu pelatihan pembuatan bross flanel, pembuatan kaos flanel, tas resleting, nastar, coctail, dan kerudung payet; (2) Program pendidikan kecakapan hidup di TBM Mata Aksara dilakukan dengan 3 tahap yaitu tahap persiapan/perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap pendampingan. Pendampingan merupakan salah satu tindak lanjut program yang dilaksanakan oleh pihak TBM Mata Aksara; (3) Dampak program pendidikan kecakapan hidup yaitu adanya penambahan kemampuan ibu-ibu rumah tangga berupa pengetahuan dan ketrampilan. Dampak lain secara lebih rinci dikategorikan menjadi empat kecakapan yaitu kecakapan akademik , kecakapan personal, kecakapan sosial, dan kecakapan vokasional. Kata kunci: dampak program, pendidikan kecakapan hidup, perempuan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 22:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18863

Actions (login required)

View Item View Item