PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PEMANTAPAN PENDAMPING KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) DI BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL YOGYAKARTA

Ajeng Apriliana Icmi, Ajeng (2015) PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PEMANTAPAN PENDAMPING KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) DI BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
AJENG APRILIANA_11102241018.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Penyelenggaraan program diklat pemantapan pendamping kelompok usaha bersama di BBPPKS Yogyakarta, (2) Dampak dari pelaksanaan diklat pemantapan pendamping kelompok usaha bersama di BBPPKS Yogyakarta . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah penyelenggara diklat, widyaiswara dalam diklat pemantapan pendamping KUBE dan peserta diklat yaitu calon pendamping KUBE yang telah lolos seleksi pendamping KUBE. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi sumber dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan berbagai sumber/ nara sumber dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan diklat bimbingan pemantapan pendamping KUBE melalui tiga tahapan yaitu perencanaan atau persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan diklat bimbingan pemantapan pendamping KUBE meliputi persiapan awal dengan kegiatan yang mencakup koordinasi, rapat dan konsultasi persiapan, pemanggilan peserta dan penunjukkan panitia. Tahap pelaksanaan yaitu tahapan dimana dilaksanakannya proses pembelajaran. Tahap terakhir yaitu tahap evaluasi. Evaluasi diklat dibedakan menjadi tiga yaitu evaluasi terhadap peserta, evaluasi terhadap widyaiswara, dan evaluasi terhadap penyelenggaraan diklat, (2) Pelaksanaan diklat bimbingan pemantapan pendamping KUBE tergolong baik, peserta mendapatkan ilmu yang dapat digunakan dalam pelaksanaan pendampingan KUBE dan dapat memberikan motivasi kepada anggota KUBE yang ada dalam wilayah dampingannya, (3) Dampak yang dirasakan setelah adanya pelaksanaan diklat pemantapan pendamping KUBE yaitu pengetahuan dan ketrampilan peserta tentang KUBE menjadi bertambah, peserta mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki setelah diklat untuk proses pendampingan. Kata kunci : pelaksanaan diklat, pemantapan pendamping KUBE, dampak diklat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 22:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18857

Actions (login required)

View Item View Item