KEEFEKTIFAN MEDIA BUKU BERGAMBAR TANPA KATA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DONGENG PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 JOGONALAN, KLATEN

Armistany, Petra (2014) KEEFEKTIFAN MEDIA BUKU BERGAMBAR TANPA KATA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DONGENG PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 JOGONALAN, KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Petra Armistany 10201244005.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan menulis dongeng dengan menggunakan media buku bergambar tanpa kata dan tanpa menggunakan media buku bergambar tanpa kata pada peserta didik, dan (2) membuktikan keefektifan pembelajaran menulis dongeng dengan menggunakan media buku bergambar tanpa kata dibanding dengan pembelajaran menulis dongeng tanpa menggunakan media buku bergambar tanpa kata pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Jogonalan, Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas berupa media buku bergambar tanpa kata dan variabel terikat berupa kemampuan menulis dongeng. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Jogonalan, Klaten sebanyak 324 peserta didik dan sampel yang digunakan berjumlah 2 kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelompok kontrol dan kelas VII B sebagai kelompok eksperimen. Teknik penyampelan yang digunakan adalah teknik cluster random sampling, yaitu penyempelan secara acak berdasarkan klaster. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan dikonsultasikan pada ahlinya (expert judgement). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum diadakan analisis data dengan teknik uji-t terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yang berupa uji normalitas sebaran data dan uji homogenitas varian. Hasil analisis uji-t data postes kemampuan menulis dongeng kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 5,777 dengan df = 82, dan nilai p sebesar 0,000. Nilai tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis dongeng yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media buku bergambar tanpa kata dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media buku bergambar tanpa kata di SMP Negeri 1 Jogonalan, Klaten. Hasil analisis uji-t data pretes dan postes kemampuan menulis dongeng kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar -10,550 dengan df = 41, dan nilai p sebesar 0,000. Nilai p tersebut lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (5%). Berdasarkan data tersebut, simpulan penelitian ini (1) terdapat perbedaan keefektifan media buku bergambar tanpa kata yang signifikan terhadap pembelajaran menulis dongeng pada peserta didik yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan media buku bergambar tanpa kata dan yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan media buku bergambar tanpa kata dan (2) media buku bergambar tanpa kata efektif digunakan dalam pembelajaran menulis dongeng pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Jogonalan, Klaten.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, buku bergambar tanpa kata, dongeng
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 15 May 2015 06:19
Last Modified: 29 Jan 2019 22:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18641

Actions (login required)

View Item View Item