HUBUNGAN KEMAMPUAN DESAIN DASAR DAN KEMAMPUAN PRAKTIK DASAR SENI RUPA TERHADAP KEMAMPUAN PRAKTIK BERKARYA SENI RUPA PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ANGKATAN 2005

Zahroni, Ahmad (2011) HUBUNGAN KEMAMPUAN DESAIN DASAR DAN KEMAMPUAN PRAKTIK DASAR SENI RUPA TERHADAP KEMAMPUAN PRAKTIK BERKARYA SENI RUPA PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ANGKATAN 2005. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ahmad ZahroniI 06206241004.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan kemampuan desain dasar terhadap kemampuan praktik berkarya seni rupa, kemampuan praktik dasar seni rupa terhadap kemampuan praktik berkarya seni rupa, dan kemampuan desain dasar dan kemampuan praktik dasar seni rupa secara bersama-sama terhadap kemampuan praktik berkarya seni rupa pada mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2005. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2005 yang berjumlah 58 mahasiswa. Data mahasiswa yang digunakan berjumlah 50 mahasiswa karena delapan data mahasiswa tidak lengkap sehingga tidak dapat digunakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi. Data yang digunakan adalah data nilai mata kuliah kemampuan desain dasar, kemampuan praktik dasar seni rupa, dan kemampuan praktik berkarya seni rupa. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi. Uji prasayarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan desain dasar terhadap kemampuan praktik berkarya seni rupa dengan koefisien korelasi sebesar 0,559 pada taraf signifikansi 0,05. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan praktik dasar seni rupa terhadap kemampuan praktik berkarya seni rupa dengan koefisien korelasi 0,686 pada taraf signifikansi 0,05. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan desain dasar dan kemampuan praktik dasar seni rupa secara bersama-sama terhadap kemampuan praktik berkarya seni rupa dengan koefisien korelasi 0,698 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan desain dasar dan kemampuan praktik dasar seni rupa terhadap kemampuan praktik berkarya seni rupa pada mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2005. Dengan demikian kemampuan desain dasar dan kemampuan praktik dasar seni rupa merupakan kemampuan dasar dalam seni rupa yang harus dikuasai untuk dapat melakukan praktik berkarya seni rupa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: desain dasar, praktik dasar, praktik berkarya, seni rupa
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 15 May 2015 01:53
Last Modified: 29 Jan 2019 22:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18633

Actions (login required)

View Item View Item