KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 5 WATES

Lestari, Puji (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 5 WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan 10401241010.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 10401241010.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II 10401241010.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III 10401241010.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV 10401241010.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V - daftar pustaka 10401241010.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 10401241010.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan membandingkan keefektifannya dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupaka penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test group design. Sampel yang diberikan perlakuan adalah kelas VIIB sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan Model Pembelajaran Problem Based Learning, dan kelas VIIE sebagai kelas kontrol tidak mendapatkan treatment. Instrument yang digunakan berupa soal pre-test dan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah treatment, serta lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran yang digunakan peneliti. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari uji hipotesis yang digunakan yaitu membandingkan rata-rata gain score kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan, thitung = 17,5945 > ttabel = 1,694, sehingga H0 yang menyatakan rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol diterima, dengan kata lain bahwa penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif jika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari peningkatan hasil belajar siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, hasil belajar, model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 12 May 2015 04:50
Last Modified: 29 Jan 2019 22:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18535

Actions (login required)

View Item View Item