PEMBELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN METODE CERITA DAN PENGAMATAN LINGKUNGAN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA BOYOLALI-JAWA TENGAH

Hidayat, Muhammad Fahmi (2014) PEMBELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN METODE CERITA DAN PENGAMATAN LINGKUNGAN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA BOYOLALI-JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Fahmi Hidayat 08206244012.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran menggambar di kelompok A2 TK Negeri Pembina melalui penggunaan metode cerita dan pengamatan lingkungan. Penelitian jenis ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan karya anak kelompok A2. Penelitian difokuskan pada permasalahan persiapan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran menggambar dengan metode cerita dan pengamatan lingkungan di kelompok A2 TK Negeri Pembina Boyolali. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan dibantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan, (1) Persiapan pembelajaran meliputi, Program Semester, Rencana Kegiatan Mingguan, dan Rencana Kegiatan Harian. Rencana kegiatan harian terdiri atas kegiatan awal, kegiatan inti, istirahat atau makan, dan kegiatan akhir. (2) Pelaksanaan pembelajaran, pertama dengan menyiapkan peralatan menggambar, buku gambar, pensil warna. Kedua, guru beserta peneliti saling membantu untuk penyampaian langkah-langkah praktik. Ketiga, membagikan media menggambar masing-masing satu buku gambar dan pensil warna berjumlah 12 warna untuk setiap anak. Keempat, anak-anak melakukan praktik. (3) Hasil pembelajaran menggambar dengan metode cerita dan pengamatan lingkungan dikelompok A2 berwujud 35 karya dan dinilai berdasarkan aspek teori preschematic. Hasil karya anak-anak secara umum menunjukkan ciri-ciri: (1) objek yang digambarkan anak menunjukkan objek-objek alam maupun benda-benda buatan, (2) objek-objek tersebut dilihat langsung di lingkungan maupun ada di angan-angan anak, (3) warna yang digunakan anak bervariasi dan tidak selalu berhubungan dengan objek yang digambar. Pada hasil karya gambar anak tedapat dua sifat gambar anak yaitu Stereotype, Simetris dan Juxtaposisi. Sebagian besar 22 anak pada kelompok A2 menghasilkan karya dengan mendapat bintang 3 yaitu mencakup 8-10 ciri preschematic.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran menggambar, metode cerita, pengamatan lingkungan
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 12 May 2015 03:28
Last Modified: 29 Jan 2019 22:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18516

Actions (login required)

View Item View Item