Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dan Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Partisipasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Anggoro, Roestin puput (2015) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dan Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Partisipasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rostien-puput-anggoro-10709251006.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TAI dengan pendekatan kontekstual terhadap partisipasi dan prestasi belajar matematika siswa, 2) membandingkan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TAI dengan pendekatan kontekstual terhadap partisipasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi-experiments dengan nonequivalent (pre-test and post-test) group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2014 di MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta pada siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan memilih dua kelas dari tujuh kelas paralel yang ada. Kelas VIII E dijadikan kelas eksperimen I untuk penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan kontekstual dan kelas VIII F dijadikan kelas eksperimen II untuk penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan kontekstual. Data dikumpulkan melalui: 1) angket partisipasi, 2) pre-test, dan 3) post-test. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, analisis pengaruh model pembelajaran, dan analisis perbedaan pengaruh model pembelajaran. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap partisipasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. 2) Model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap partisipasi, tetapi tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. 3) Tidak terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe TAI dengan pendekatan kontekstual terhadap partisipasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif NHT, TAI, partisipasi, dan prestasi belajar matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 May 2015 06:18
Last Modified: 09 May 2019 02:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18277

Actions (login required)

View Item View Item