KEEFEKTIFAN PENDEKATAN GENRE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA

Kusumaningtyas, Prita Dyah (2014) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN GENRE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Prita Dyah Kusumaningtyas 10201241070.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan keterampilan menulis narasi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan genre dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan pendekatan genre. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan genre dalam pembelajaran menulis narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest dan control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Yogyakarta. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII E sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Validitas yang dilakukan adalah validiatas isi dengan expert judgement dan realibilitas dihitung menggunakan teknik konsistensi internal alpha cronbach. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes menulis narasi. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Penghitungan uji-t nilai tes akhir kelas VII A SMP Negeri 6 Yogyakarta dan nilai tes akhir kelas VII E SMP Negeri 6 Yogyakarta menghasilkan thitung sebesar 7,464 dan ttabel sebesar 1,990 dengan db 63 dan diperoleh nilai p 0,000 pada taraf signifikansi 5%. Nilai thitung lebih besar dari ttabel (7,464 > 1,990) dan nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p= 0,000 < 0,05). Hasil uji-t tersebut menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan menulis narasi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan genre dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan pendekatan genre. Penghitungan uji-t nilai tes awal dan tes akhir kelas VII E SMP Negeri 6 Yogyakarta menghasilkan thitung sebesar 13,333 dan ttabel sebesar 2,039 dengan db 31 dan nilai p 0,000 pada taraf signifikansi 5%. Nilai thitung lebih besar dari ttabel (13,333 > 2,039) dan nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p= 0,000 < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa pendekatan genre efektif digunakan dalam pembelajaran menulis narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendekatan genre, menulis narasi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 May 2015 04:52
Last Modified: 29 Jan 2019 22:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18241

Actions (login required)

View Item View Item