Setiyaningrum Erlina, Erli (2013) ABSTRAK PERAN SEKRETARIS SEBAGAI HUMAS PERUSAHAAN. D3 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
TUGAS AKHIR.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK PERAN SEKRETARIS SEBAGAI HUMAS PERUSAHAAN Oleh : Erlina Setiyaningrum 10411131017 Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peran sekretaris sebagai humas perusahaan, (2) hambatan-hambatan bagi sekretaris dalam melaksanakan peran sebagai humas perusahaan, (3) solusi untuk mengatasi hambatan sekretaris sebagai humas perusahaan. Metode pengkajian yang digunakan dalam penyusunan Tugas Akhir ini yaitu metode pendekatan deduktif dengan cara pengambilan kesimpulan dari hal- hal yang bersifat umum ke hal-hal yang bersifat khusus. Pemecahan masalah merupakan langkah-langkah yang ditempuh untuk memberikan solusi atau masukan bagi permasalahan yang ada. Untuk pembahasan masalah, dilakukan dengan cara mengumpulkan sumber-sumber bacaan yang relevan berupa teori yang diambil dari buku-buku yang sesuai dan terkait dengan permasalahan. Hasil pembahasan menjelaskan bahwa : (1) peran sekretaris sebagai humas perusahaan adalah sebagai penghubung untuk mengelola informasi yang bertujuan menciptakan citra baik perusahaan. Terbagi menjadi peran humas internal yaitu sebagai sumber informasi yang diperlukan pimpinan, alternatif pemikiran dari pimpinan dalam ide-ide, mengadakan pendekatan untuk mengetahui kelemahan dan kehendak karyawan/ bawahan sedangkan peran humas eksternal yaitu memberikan informasi tentang perusahaan kepada publik, menciptakan suasana yang kondusif, mensosialisasikan kebijakan perusahaan kepada publik, dan memelihara komunikasi yang baik dengan publik. (2) hambatan bagi sekretaris dalam melaksanakan peran sebagai humas yaitu hambatan yang timbul karena masalah komunikasi : hambatan dalam proses penyampaian, hambatan fisik, hambatan semantik, hambatan psiko-sosial, kebisingan, kepentingan, prasangka; kebijakan perusahaan;kurangnya skill . (3) solusi untuk mengatasi hambatan sekretaris sebagai humas perusahaan antara lain perlunya persiapan agar pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik, pengecekan sarana/media sebelum presentasi maupun rapat, menggunakan bahasa yang baku dan mudah dipahami oleh orang lain, menambah wawasan, bersikap sopan dan ramah, mampu melihat situasi pasar, menciptakan pandangan yang positif, melakukan pendekatan dengan pimpinan, menonjolkan potensi diri yang ada dalam diri sekretaris, mengasah keterampilan, dan mengikuti kursus maupun pelatihan.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Diploma 3 (D3) > D3 Sekretari |
Depositing User: | Admin Administrasi Perkantoran FE |
Date Deposited: | 30 Apr 2015 10:30 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 03:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17886 |
Actions (login required)
View Item |