Benny, Surahman (2015) Pengaruh Cara Belajar, Kesulitan Belajar, dan Keaktifan SIswa dengan Prestasi Belajar Siswa Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan SMK N 2 Wonosari Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara cara belajar, kesulitan belajar, dan keaktifan siswa secara sendiri-sendiri maupun terpisah-pisah dengan prestasi belajar siswa Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan SMK N 2 Wonosari, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Expost Facto, populasi berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan: a) dokumentasi dan b) kuesioner/angket. Teknik analisis data menggunakan: a) regresi sederhana dan b) regresi ganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menemukan adanya pengaruh yang signifikan antara cara belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan r sebesar 0,545 dan nilai thitung sebesar 3,436 > ttabel sebesar 1,701. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kesulitan belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan r sebesar 0,509 dan nilai thitung sebesar 3,129 > ttabel sebesar 1,701. Terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan siswa terhadap prestasi belajar dengan r sebesar 0,707 dan nilai thitung sebesar 5,288 > ttabel sebesar 1,701. Terdapan pengaruh positif dan signifikan terhadap cara belajar, kesulitan belajar, dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa program studi teknik komputer dan jaringan SMK N 2 Wonosari dengan koefisien R2 sebesar 0,532 artinya mempunyai pengaruh sebesar 53,2 % dan sisanya (46,8 %) ditentukan oleh variabel lain yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata kunci: Cara belajar, kesulitan belajar, keaktifan siswa, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Admin Pendidikan Elektronika FT |
Date Deposited: | 20 Apr 2015 03:32 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17047 |
Actions (login required)
View Item |