IMPLEMENTASI PENDEKATAN SENTRA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK DI TAMAN TUMBUH KEMBANG ANAK PLUS JAUZAA RAHMA YOGYAKARTA

Efrita Nur Permata Sari Setyawan, Efrita (2015) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SENTRA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK DI TAMAN TUMBUH KEMBANG ANAK PLUS JAUZAA RAHMA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Efrita Nur Permata Sari..pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi pendekatan sentra berbasis multiple intelligences pada anak usia Taman Kanak- kanak di TTKA Plus Jauzaa Rahma dan (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pendekatan sentra berbasis multiple intelligences pada anak usia Taman Kanak-kanak di TTKA Plus Jauzaa Rahma. Implementasi pendekatan sentra berbasis multiple intelligences diartikan sebagai suatu proses penerapan inovasi metode pembelajaran pada anak usia dini menggunakan pendekatan sentra yang berbasis pada kecerdasan jamak anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola/kepala sekolah dan pendidik Taman Kanak-kanak TTKA Plus Jauzaa Rahma. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi pendekatan sentra berbasis multiple intelligences di Taman Kanak-kanak Jauzaa Rahma dilakukan dalam tiga tahap: (a) perencanaan meliputi pembuatan RKH dan RKM, akan tetapi belum tertulis di dalam RKH macam kecerdasan jamak yang dikembangkan; (b) pelaksanaan meliputi 4 pijakan yaitu pijakan lingkungan main, pijakan pengalaman sebelum main, pijakan pengalaman saat main dan pijakan pengalaman setelah main. Kecerdasan jamak yang dikembangkan bisa teridentifikasi dari jenis main yang ditawarkan oleh pendidik; (c) penilaian dilakukan dengan teknik observasi, ceklis, anekdot dan pemberian tugas yang dikemas dalam laporan tengah semester dan akhir semester. 2) faktor pendukung dalam implementasi pendekatan sentra berbasis multiple intelligences yaitu: (a) alat dan bahan main disesuaikan dengan tingkat pencapaian perkembangan anak; (b) kerjasama pendidik, karyawan dan orang tua wali TTKA Plus Jauzaa Rahma yang baik, sedangkan faktor penghambatnya yaitu: (a) alat dan bahan main pada saat tema yang sulit; (b) mood peserta didik yang berubah-ubah; (c) kurangnya SDM pengajar. Kata kunci: pendekatan sentra, multiple intelligences.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:36
Last Modified: 29 Jan 2019 21:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16612

Actions (login required)

View Item View Item