KEMAMPUAN POWER OTOT TUNGKAI, KEKUATAN OTOT TUNGKAI, DAN KELINCAHAN SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DAN FUTSAL DI SMP NEGERI 3 GODEAN

Budi Wicaksono, Vinsensius Budi Wicaksono (2013) KEMAMPUAN POWER OTOT TUNGKAI, KEKUATAN OTOT TUNGKAI, DAN KELINCAHAN SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DAN FUTSAL DI SMP NEGERI 3 GODEAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
bUDI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum pernah dilakukan tes pengukuran power otot tungkai, kekuatan otot tungkai, dan kelincahan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola dan futsal di SMP Negeri 3 Godean. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan power otot tungkai, kekuatan otot tungkai, dan kelincahan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola dan futsal di SMP Negeri 3 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 6 dan 13 April 2013. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes vertical jump, leg and back dynamometer, dan dogging run.. Penelitian populasi sejumlah 42 siswa sebagai subjek penelitian Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana subyek penelitian digunakan sebagai penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan power otot tungkai, kekuatan otot tungkai, dan kelincahan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola dan futsal di SMP Negeri 3 Godean sebagai berikut: Kemampuan yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola berada pada kategori “Kurang” sebanyak 10 siswa (45.45%), kekuatan otot tungkai berada pada kategori “Sedang” sebanyak 11 siswa (50%) dan kelincahan berada pada kategori “Sedang” sebanyak 10 siswa (45.45%). Sedangkan kemampuan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal sebagaian besar kemampuan power otot tungkai berada pada kategori “Sedang” sebanyak 10 siswa (50%), kekuatan otot tungkai berada pada kategori “Sedang” 7 siswa (31.82%) dan kelincahan berada pada kategori “Baik” sebanyak 9 siswa (45%).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 14 Apr 2015 06:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16406

Actions (login required)

View Item View Item