Efektivitas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo

Puspasari, Eka (2015) Efektivitas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11417144011.swf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat efektivitas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Didukcapil) Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Didukcapil, Kasubag serta Pelaksana Administrasi Tata Laksana Bagian Organisasi dan Aparatur Sekda, Kasubag Umum dan Kepegawaian Didukcapil, Kasubag dan Staf Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Didukcapil, dan masyarakat yang mendapatkan pelayanan Didukcapil. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis keabsahan data digunakan Trianggulasi Sumber. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SAKIP di Didukcapil belum efektif karena masih terdapat kendala seperti sarana dan prasarana yang kurang memadai, kualitas SDM masih rendah, belum adanya kesadaran dari masyarakat untuk mengakses pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dengan alasan tidak penting, data kependudukan dan pencatatan sipil belum valid, belum terbentuk petugas registrasi kependudukan di tingkat Desa, serta kualitas SDM Perangkat Desa dalam memberikan pelayanan masih rendah, belum ada Indikator Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai bentuk evaluasi terhadap pelayanan kepada masyarakat, koordinasi yang terjalin antara Didukcapil dan Bagian Organisasi dan Aparatur Daerah Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo belum berjalan dengan optimal. Kata Kunci : Efektivitas, SAKIP, Pelayanan Publik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Statistik Umum
Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 13 Apr 2015 06:43
Last Modified: 13 Apr 2015 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16144

Actions (login required)

View Item View Item