Yayuk Ervina, Lutfianti (2015) MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD SE GUGUS SIKARIM GARUNG WONOSOBO TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, PGSD.
|
Text
SKRIPSI Vina.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar matematika siswa kelas V di SD Se Gugus Sikarim Garung Wonosobo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SD Se-gugus Sikarim yang berjumlah 229 siswa. Data penelitian diperoleh menggunakan angket tertutup. Hasil uji coba instrumen menunjukkan terdapat 18 soal yang tidak valid dari 49 soal dengan indeks reliabilitas 0,945. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan statistik deskriptif yaitu mean/ rerata, nilai maksimal, nilai minimal dan standar deviasi. Berdasarkan hasil penelitian minat belajar matematika siswa kelas V di SD Se-Gugus Sikarim termasuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 62,45% yaitu dengan rincian masing – masing SD sebagai berikut: 1)SDN 1 Mlandi menunjukkan minat belajar matematika siswa kelas V berada dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 68,75%. 2) SDN 2 Mlandiberada dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 63,6%. 3) SDN Larangan berada dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 55%. 4) SDN Menjer berada dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 60,86%. 5) SDN 1 Maron berada dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 70,6%. 6) SDN 2 Maron berada dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 58,6%. 7) SDN Tlogo berada dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 73,5%. Kata Kunci: Minat belajar, matematika
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 08 Apr 2015 07:34 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15654 |
Actions (login required)
View Item |