UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POP UP BOOK DI TK BAITHUL HIKMAH

Dewi Masithoh Citra Kusuma Putri, Dewi (2015) UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POP UP BOOK DI TK BAITHUL HIKMAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Skripsi PDF.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta dengan unjuk diri menggunakan media pop up book di TK Baithul Hikmah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart yang dimodifikasi oleh peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B2 yang berjumlah 23 anak yaitu 11 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah rasa percaya diri peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan rasa percaya diri pada peserta didik kelompok B2 di TK Baithul Hikmah. Percaya diri pada anak terjadi melalui berbagai proses yaitu 1) unjuk diri, kegiatan unjuk diri yang dilakukan dalam proses pembelajaran adalah berani tampil di depan kelas, bercerita, dan menjawab pertanyaan. 2) terjadi proses interaksi dalam kegiatan pembelajaran antara pendidik dengan peserta didik dan semasa teman saat kegiatan unjuk diri berlangsung. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan unjuk diri menggunakan media pop up book dapat meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik di TK Baithul Hikmah. Kata kunci : rasa percaya diri, pop up book, unjuk diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15411

Actions (login required)

View Item View Item