PERAN PEMBANTU PEMBINA KELUARGA BERENCANA DESA (PPKBD) DAN SUB PPKBD DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA (KB) DI DESA TIRTOMULYO KECAMATAN PLANTUNGAN, KABUPATEN KENDAL

Vita Mahardika, Vita (2015) PERAN PEMBANTU PEMBINA KELUARGA BERENCANA DESA (PPKBD) DAN SUB PPKBD DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA (KB) DI DESA TIRTOMULYO KECAMATAN PLANTUNGAN, KABUPATEN KENDAL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan (1) Peran dan Strategi PPKBD dan Sub PPKBD di dalam melaksanakan sosialisasi Program KB di Tirtomulyo Kecamatan Plantungan (2)Tanggapan masyarakat terhadap pelaksanaan sosialisasi program KB di desa Tirtomulyo Kecamatan Plantungan (3)Faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan sosialisasi Program KB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek sasaran penelitian ini adalah, PLKB, PPKBD, dan Sub PPKBD yang ada di Desa Tirtomulyo, Kecamatan Plantungan, berjumlah sembilan orang yang terdiri dari satu orang PPKBD, tujuh orang Sub PPKBD dan satu orang PLKB. Teknik yang digunakan untuk menetapkan subyek penelitian yaitu dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalis data adalah reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi, trianggulasi yang dilakukan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Peran PPKBD dan Sub PPKBD di Desa Tirtomulyo perannya sebagai penyuluh, melakukan koordinasi dengan pihak yang terkait mengajak dan melibatkan tokoh masyarakat setempat untuk bersama-sama membantu mensosialisasikan program KB, adapun strategi yang diterapkan dalam mensosialisasi program KB adalah a) Anjangsana pada pertemuan PKK di tingkat RT, b) Pertemuan PKK di tingkat desa dan c) Melalui kegiatan posyandu. 2) Tanggapan masyarakat terkait dengan peran, tugas dan fungsi dari PPKBD dan Sub PPKBD secara umum sudah dilaksanakan sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing, PPKBD dan Sub PPKBD mensosialisasikan program KB berjalan dengan baik,respon masyarakat juga baik, hal ini didasarkan pada: a) keikutsertaan masyarakat dalam sosialisasi program KB, b) adanya pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang program KB, hal ini ditandai dengan perhatian dan peningkatan jumlah aseptor KB. 3) Faktor yang mendukung keterlibatan tokoh masyarakat dan adanya perhatian dari pihak-pihak terkait, sedangkan faktor penghambat adalah faktor geografis, pendidikan, ekonomi, dan pandangan masyarakat tentang jumlah anak. kata kunci: peran PPKBD dan SUB PPKBD, sosialisasi, program KB.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15395

Actions (login required)

View Item View Item