Hastini, Suci (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGUATAN/REWARD SEBAGAI MOTIVASI PADA SISWA KELAS IV SD BEJI KECAMATAN PAJANGAN. S1 thesis, PGSD.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi pecahan dengan pemberian penguatan/reward di SD N Beji, Pajangan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I terdiri atas 4 pertemuan sedangkan siklus II terdiri atas 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Beji, Pajangan yang berjumlah 33 siswa, yang terdiri atas 20 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes dan deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pemberian penguatan/reward dalam pembelajaran Matematika pada materi pecahan telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N Beji, Pajangan tahun pelajaran 2012/2013. Hal itu ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata tes siswa. Nilai rata-rata tes sebelum tindakan adalah 57.42, akhir siklus I 75.49, dan akhir siklus II 81.31. Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran dengan penguatan/reward
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 07 Apr 2015 03:17 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15391 |
Actions (login required)
View Item |