PARTISIPASI LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA(Studi Kasus di Desa Karangwuni Kecamatan Rongkop)

Rintaka Hargita Sandhi, Rintaka (2015) PARTISIPASI LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA(Studi Kasus di Desa Karangwuni Kecamatan Rongkop). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
rintaka_hargita_sandhi_09102244017.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul partisipasi lembaga pemberdayaan masyarakat desa dalam perencanaan pembangunan desa. Tujuan yang akan dicapai dari penelitian iniyaitu untuk mengetahui: 1). Bagaimana proses perencanaan pembangunan desa Karangwuni Kecamatan Rongkop, 2). Bagaimana peran dan fungsi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam perencanaan desa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu LPMD, Perangkat Desa dan masyarakat Karangwuni. Peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian dengan dibantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah display data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penetapan peraturan LPMD didasarkan pada hasil musyawarah pengurus dan anggota, 2) partisipasi masih berpusat pada desa itu sendiri, saat evaluasi desa masih melakukan penguatan terhadap peran LPMD, 3) dari aspek desa dalam peaksanaan partisipasi masih membantu LPMD, 4) dari aspek LPMD partisipasi belum dilakukan secara maksimal atau menyeluruh, 5) dari aspek masyarakat realisasi peran LPMD kurang fokus dan kurang memperhatikan keterangan LPMD, 6) dari aspek aparatur desa keorganisasian LPMD belum disusun secara spesifik dan tugas dari pengurus LPMD belum dilaksanakan secara benar, LPMD belum mempunyai peraturan sendiri sehingga partisipasi LPMD masih bersifat semu atau ambigu. Partisipasi LPMD juga belum menyentuh kepentingan masyarakat desa karena dalam prakteknya masih banyak masyarakat yang belum diperhatikan. Kata Kunci: Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa, Partisipasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perencanaan Pembangunan Desa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15167

Actions (login required)

View Item View Item