MOTIVASI RESIDEN MENGIKUTI PROGRAM PELATIHAN OTOMOTIF DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA PURWOMARTANI KALASAN KABUPATEN SLEMAN

Mohammad Rizal Nursetyo, MR (2015) MOTIVASI RESIDEN MENGIKUTI PROGRAM PELATIHAN OTOMOTIF DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA PURWOMARTANI KALASAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) Motivasi residen dalam mengikuti pelatihan otomotif di Panti Sosial Pamardi Putra; (2) Manfaat pelatihan otomotif bagi residen di Panti Sosial Pamardi Putra. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 8 orang residen yang mengikuti pelatihan otomotif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan metode pengamatan (observasi, wawancara, dan dokumentasi). Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Motivasi 8 orang residen yang mengikuti pelatihan otomotif adalah; dibagi menjadi 2 yaitu interinsik dan eksterinsik. Motivasi dalam diri atau motivasi interinsik residen muncul karena menyangkut kepuasan yang ada dalam diri atau disebut dengan cognitive motives. Dalam proses pelatihan otomotif residen dituntut untuk mengembangkan potensi dalam diri yang sudah ada agar kreativitas muncul motivasi tersebut dinamakan self expression. Terciptanya suasana kompetensi yang sehat bagi residen lain disebut dengan self enhancement. Motivasi eksterinsik adanya dukungan dari keluarga residen, staff, instruktur dan teman sesama residen di panti agar mengikuti pelatihan otomotif dan kelak bisa bekerja di bengkel sepeda motor; (2) Manfaat pelatihan otomotif bagi residen yaitu residen dapat memiliki keahlian dibidang montir motor, residen dapat bekerja di bengkel motor dan dalam keterkaitannya dengan penggunaan narkoba residen dapat pulih tidak menggunakan narkoba kembali.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 31 Mar 2015 08:07
Last Modified: 29 Jan 2019 19:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14852

Actions (login required)

View Item View Item