Dani Erfian, Dani (2014) EFEKTIVITAS METODE KONTROL DIRI UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI SISWA BROKEN HOME DI SMK PI AMBARUKMO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
skripsi Dani2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode kontrol diri dalam meningkatkan penerimaan diri siswa broken home di SMK PI Ambarukmo. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan eksperimen kuasi. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-postest group design. Pemilihan subyek menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil wawancara dan hasil pretest, ditentukan yang menjadi subjek penelitian berjumlah 5 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala dan instrumen yang digunakan adalah skala penerimaan diri yang disusun berdasarkan aspek penerimaan dari Jersild (1958) dan didukung dengan observasi dan wawancara. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Reliabilitas skala penerimaan diri sebesar 0,939 artinya memiliki reliabilitas yang tinggi. Pemberian perlakuan dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 kali sesi. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai signifikansi p-value sebesar 0,041. Berdasarkan ketentuan yang berlaku, diketahui hasil uji Wilcoxon Sig. p-value 0,041 <α (α= 0,05) yang artinya H0 ditolak, sehingga disimpulkan ada perbedaan antara hasil pretest dengan hasil posttest kelompok eksperimen. Hasil pretest dan posttest tersebut diperkuat dengan hasil wawancara dan observasi yang menunjukkan ada peningkatan penerimaan diri siswa broken home sehingga disimpulkan bahwa metode kontrol diri efektif untuk meningkatkan penerimaan diri siswa broken home di SMK PI Ambarukmo. Kata kunci: metode kontrol diri, self control therapy
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling ?? ppb ?? |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 06 Apr 2015 05:00 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14708 |
Actions (login required)
View Item |