Implementasi Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Barunawati Kota Ternate (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B Tahun Ajaran 2013/2014)

Saleh, Sumanti M (2015) Implementasi Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Barunawati Kota Ternate (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B Tahun Ajaran 2013/2014). S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-sumanti-m-saleh.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Barunawati Kota Ternate dan seberapa besar peningkatan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan metode bermain peran (role playing). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam II siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Barunawati Kota Ternate Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 25 orang. Kolabolator dalam penelitian adalah guru kelas B, sebagai pelaksana tindakan, peneliti sebagai observer dan guru pendamping sebagai pembantu observer. Jenis tindakan yang diterapkan adalah metode bermain peran (role playing). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan meliputi observasi tentang proses pembelajaran sosial emosional dan kecerdasan interpersonal anak. Catatan lapangan digunakan untuk melihat permasalahan yang dihadapi selama pembelajaran. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data yang berbentuk foto. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif sederhana. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak usia dini dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran (role playing). Peningkatan tersebut dilihat dari hasil observasi sebelum tindakan yaitu 28% menjadi 44% pada siklus I dan menjadi 76% pada siklus II.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Apr 2015 00:48
Last Modified: 09 May 2019 02:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14460

Actions (login required)

View Item View Item