HUBUNGAN ANTARA MINAT MENJADI GURU SEJARAH DAN SIKAP TERHADAP PELAJARAN SEJARAH DENGAN PEMAHAMAN KOMPETENSI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH ANGKATAN 2009 FIS UNY

Tirza, Topan (2013) HUBUNGAN ANTARA MINAT MENJADI GURU SEJARAH DAN SIKAP TERHADAP PELAJARAN SEJARAH DENGAN PEMAHAMAN KOMPETENSI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH ANGKATAN 2009 FIS UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara minat menjadi guru sejarah dengan pemahaman kompetensi akademik mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2009 FIS UNY; (2) hubungan antara sikap terhadap pelajaran sejarah dengan pemahaman kompetensi akademik mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2009 FIS UNY; (3) hubungan antara minat menjadi guru sejarah dan sikap terhadap pelajaran sejarah dengan pemahaman kompetensi akademik mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2009 FIS UNY. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi menggunakan subjek penelitian mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2009 FIS UNY berjumlah 108 mahasiswa dan diambil sampel sejumlah 60 mahasiswa. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 30 responden. Pengumpulan data minat menjadi guru sejarah, sikap terhadap pelajaran sejarah, dan pemahaman kompetensi akademik mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2009 FIS UNY dengan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknis analisis korelasi sederhana dan teknik analisis korelasi ganda. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan minat menjadi guru sejarah dengan pemahaman kompetensi akademik mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2009 FIS UNY yang ditunjukkan dengan nilai rx1y 0,535; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan sikap terhadap pelajaran sejarah dengan pemahaman kompetensi akademik mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2009 FIS UNY yang ditunjukkan dengan nilai rx1y (0,439) ; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan minat menjadi guru sejarah dan sikap terhadap pelajaran sejarah dengan pemahaman kompetensi akademik mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2009 FIS UNY yang ditunjukkan dengan nilai r(1,2,) 0,551. Kata Kunci : Minat, Sikap, Pelajaran Sejarah, Pemahaman Kompetensi Akademik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 26 Mar 2015 04:52
Last Modified: 29 Jan 2019 19:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14218

Actions (login required)

View Item View Item