MENDISIPLINKAN SISWA SEKOLAH DASARNEGERI PIYAMAN I WONOSARI GUNUNGKIDUL

Aini, Diaswari (2014) MENDISIPLINKAN SISWA SEKOLAH DASARNEGERI PIYAMAN I WONOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Mendisiplinkan Siswa Sekolah Dasar Negeri Piyaman I Wonosari Gunungkidul.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiimplementasi penanaman pendidikan kedisiplinan siswa SD N Piyaman I Wonosari Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan rumus Miles dan Hubermanmenggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman kedisiplinan di SD N Piyaman I Wonosari dengan beberapa upaya, yaitu: teladan dari guru berupa datang ke sekolah tidak terlambat, dalam menegakkan aturan, dan cara berbicara dan berbahasa yang baik, serta penjelasan oleh guru di dalam kelas, menempel tata tertib pada disetiap kelas, teguran dari guru bagi siswa yang melanggar aturan, sanksi dari guru bagi siswa yang melanggar aturan, menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua siswa, pemberian sosialisasi pada upacara bendera, dan pemberian reward pada kelas yang disiplin saat upacara. Hambatan yang dialami guru yaitu lingkungan siswa yang sulit dikendalikan, sanksi yang kurang tegas, dan keterbatasan siswa dalam menerima penjelasan guru. Kata kunci: upaya mendisiplinkan,hambatan mendisiplinkan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:48
Last Modified: 29 Jan 2019 19:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13966

Actions (login required)

View Item View Item